OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi objek. Tujuan dari OOP yaitu untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Setiap bagian dari permasalahan adalah objek, dan objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek. Contoh: pesawat terbang. Pesawat terbang terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi yaitu seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, sayap, dan lain lain. Pesawat tersebut terbentuk dari kumpulan objek-objek yang lebih kecil dan saling berhubungan satu sama lainnya, saling berinterasi, berkomunikasi dan saling mengieim pesan kepada objek-objek lainnya. Begitu pula dengan program, sebuah program memiliki objek yang besar yang terdiri dari objek objek yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dikembangkan. objek-objek tersebut akan saling berinteraksi satu sama lain sehingga program tersebut dapat dijalankan.
Komponen-Komponen Pada OOP
Class
Merupakan penggambaran dari sebuah objek atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. Class berfungsi untuk menampung objek objek dan method(behaviour) yang ada. Contohnya: class hewan, buah-buahan, orang, bangunan, mobil, motor, dll.
Object
Bentuk nyata dari sebuah class dan dapat di lihat, di pegang,dan dirasakan. Contohnya: class buah-buahan maka objeknya apel, nanas, durian, jambu, mangga.
Method
Suatu operasi berupa fungsi fungsi yang dapat dikerjakan atau sesuatu yang dapat dilakukan oleh sebuah objek.
Contoh dalam kehidupan sehari hari yaitu :
- Super class : alat transportasi
- Class : motor, mobil, pesawat, dll
- Object : motor honda, motor suzuki, mobil sedan, mobil daihatsu, mobil bmw, pesawat tempur, pesawat garuda, dll
- Method : berjalan, mundur, terbang, ngerem, berbelok, dll
- Class : buah-buahan
- Object : mangga, nanas, durian, jambu, apel
- Method : rasa, bentuk buah, warna, ukuran, dll
Modifier
Digunakan unutk menghubungkan suatu unsur class dengan unsur class lainnya.
Properties
Digunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu meliputi penggantian nama, warna, jenis huruf, border, dll.
Merupakan jendela propertien yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan di klick maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari kalimat tersebut ada event klick untuk mengeksekusi sebuah tombol simpan. Perintah event klick tersebut dapat diberikan melaui jendela events.
Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua applikasi program yang diambil dari komponen pallete.
Atau bisa disebut penurunan sifat/pewarisan. Inheritance bertujuan membentuk obyek baru yang memiliki sifat sama atau mirip dengan obyek yang sudah ada sebelumnya (pewarisan). Obyek turunan dapat digunakan membetuk obyek turunan lagi dan seterusnya. Setiap perubahan pada obyek induk, juga akan mengubah obyek turunannya. Susunan obyek induk dengan obyek turunannya disebut dengan hirarki obyek.
Bisa juga disebut banyak bentuk. suatu aksi yang memungkinkan pemrogram menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki obyeknya, dimana obyek yang berbeda memberikan tanggapan/respon terhadap pesan yang sama sesuai dengan sifat masing-masing obyek. Kita dapat menimpa (override), suatu method, yang berasal dari parent class (super class) dimana object tersebut diturunkan, sehingga memiliki kelakuan yang berbeda.
Sumber : 1 2 3
Sumber : 1 2 3
No comments:
Post a Comment